Kenyam - Kabupaten Nduga - Papua

Pengumuman CPNS Kenyam - Kabupaten Nduga - PapuaKabupaten Nduga adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Dulunya pernah menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Jayawijaya. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Mendagri Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Distrik : Gearek • Geselma • Kenyam • Mapenduma • Mbuwa • Mugi • Wosak • Yigi

Pemekaran Daerah

Kabupaten Puncak Trikora - Kabupaten ini akan dimekarkan dari Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Nduga. Distrik yang mungkin bergabung ke dalam kabupaten ini meliputi :

Dari Kabupaten Lanny Jaya - Kuyawage, Melagineri, Balingga,
Dari Kabupaten Nduga - Wosak, Mbuwa

Kota Kenyam - Rencana pemerintah untuk pemekaran daerah otonomi Kota Kenyam yang akan pisah dengan Kota induknya yakni Kabupaten Nduga masih menunggu proses lebih lanjut. Rencananya Kota Kenyam ada 3 kecamatan yang nantinya masuk kedalam kota Kenyam.

Kabupaten Nduga yang beribukota di Kenyam terbagi dalam 36 Desa 8 Kecamatan, Diantaranya Kecamatan Wosak, Kecamatan Kenyam, Kecamatan Geselma, Kecamatan Mapenduma, Kecamatan Mugi, Kecamatan Yigi, Kecamatan Mbuwa, dan Kecamatan Gearek.

Bentang alam Kabupaten Nduga berada di hamparan Lembah Baliem, sebuah lembah aluvial yang terbentang pada areal ketinggian 1500-2000 m di atas permukaan laut. Temperatur udara bervariasi antara 14,5 derajat Celcius sampai dengan 24,5 derajat Celcius. Dalam setahun rata-rata curah hujan adalah 1.900 mm dan dalam sebulan terdapat kurang lebih 16 hari hujan. Musim kemarau dan musim penghujan sulit dibedakan. Berdasarkan data, bulan Maret adalah bulan dengan curah hujan terbesar, sedangkan curah hujan terendah ditemukan pada bulan Juli.. Kabupaten Nduga mempunyai luas wilayah 2.168 Kmpersegi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...