Provinsi NTT - Nusa Tenggara Timur

Hasil Quick Count Pilpres 2019 Provinsi NTT - Nusa Tenggara TimurNusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Flores, Sumba, Timor, Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor, Komodo dan Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, Timor Barat. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Flores, Sumba dan Timor Barat. Provinsi ini menempati bagian barat pulau Timor. Sementara bagian timur pulau tersebut adalah bekas provinsi Indonesia yang ke-27, yaitu Timor Timur yang merdeka menjadi negara Timor Leste pada tahun 2002.

Kabupaten dan Kota

No. Kabupaten/Kota Ibu kota Bupati/Wali kota

1 Kabupaten Alor Kalabahi Simeon Th. Pally
2 Kabupaten Belu Atambua Welem Foni (Pj.)
3 Kabupaten Ende Ende Don Bosco M. Wangge
4 Kabupaten Flores Timur Larantuka Yosep Lagadoni Herin
5 Kabupaten Kupang Oelamasi Ayub Titu Eki
6 Kabupaten Lembata Lewoleba Eliaser Yentji Sunur
7 Kabupaten Manggarai Ruteng Prim Meot
8 Kabupaten Manggarai Barat Labuan Bajo Agustinus C. Dulla
9 Kabupaten Manggarai Timur Borong Yoseph Tote
10 Kabupaten Ngada Bajawa Marianus Sae
11 Kabupaten Nagekeo Mbay Elias Jo
12 Kabupaten Rote Ndao Baa Leonard Haning
13 Kabupaten Sabu Raijua Seba Marthen Dira Tome
14 Kabupaten Sikka Maumere Yoseph Ansar Rera
15 Kabupaten Sumba Barat Waikabubak Jubilate Pieter Pandango
16 Kabupaten Sumba Barat Daya Tambolaka Markus Dairo Talu
17 Kabupaten Sumba Tengah Waibakul Umbu Sappi Pateduk
18 Kabupaten Sumba Timur Waingapu Gidion Mbiliyora
19 Kabupaten Timor Tengah Selatan Soe Paulus Victor Rolland Mella
20 Kabupaten Timor Tengah Utara Kefamenanu Raymundus Sau Fernandes
21 Kota Kupang - Jonas Salean

Ada Informasi bahwa Kabupaten di Nusa Tenggara Timur bertambah sejak diresmikannya Kabupaten Malaka

Jumlah penduduk di provinsi ini adalah 4.683.827 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 2,07%. Jumlah penduduk laki-laki sebanyak 2.326.487 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 2.357.340 jiwa (2010). Kepadatan penduduk di Nusa Tenggara Timur sebesar 96 jiwa/km2, dengan presentasi penduduk yang tinggal di perkotaan kurang lebih 20%, dan sisanya sebesar 80% mendiami kawasan pedesaan. Sebagian besar penduduk beragama Kristen dengan rincian persentase kurang lebih sebagai berikut Katolik 54,14% Protestan 34,74%, Islam 9,05% , Hindu 0,11% Buddha 0,01% dan sebanyak 1,73% menganut agama dan kepercayaan lainnya.

Nusa Tenggara Timur menjadi tempat perlindungan untuk kalangan Kristen di Indonesia yang menjauhkan diri dari konflik agama di Maluku dan Irian Jaya. Tingkat pendaftaran sekolah menengah adalah 39% yang jauh dibawah rata-rata Indonesia, yaitu 80.49% tahun 2003/04 (menurut UNESCO). Minuman berupa air bersih, sanitasi dan kurangnya sarana kesehatan menyebabkan terjadinya kekurangan gizi anak (32%) dan kematian bayi (71 per 1000) juga lebih besar dari kebanyakan provinsi Indonesia lainnya.

Ekonomi - Menurut berbagai standar ekonomi, ekonomi di provinsi ini lebih rendah dari pada rata-rata Indonesia, dengan tingginya inflasi (15%), pengangguran (30%) dan tingkat suku bunga (22-24%).

Kepulauan - Seperti halnya Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi yang didominasi oleh kepulauan, tiga pulau utama di wilayah ini adalah Flores, Sumba, dan Timor Barat. Sedangkan pulau-pulau lain diantaranya adalah Pulau Adonara, Alor, Babi, Besar, Bidadari, Dana, Komodo, Rinca, Lomblen, Loren, Ndao, Palue, Pamana, Pamana Besar, Pantar, Rusa, Raijua, Rote (pulau terselatan di Indonesia), Sawu, Semau dan Solor.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...